jika politik adalah sesuatu yang abu-abu
yang menjadi senjata para penguasa
yang menjadi sindikat pengejar harta dunia
maka aku bukanlah itu
Namun jika politik adalah pembelaan & perjuangan
yang membangunkan keberanian retorika
dan lantang meneriakkan keadilan
maka aku adalah politikus itu

Jika demokrasi adalah belenggu penjajahan
diramaikan oleh tangan-tangan gila jabatan
disetir untuk mengubur kepribadian anak bangsa
maka itu bukan tempatnya
Namun jika demokrasi adalah sebuah peluru pembebas
yang pengusungnya adalah teladan sejati
dan ideologinya menembus keangkuhan parlemen
maka itu adalah kendaraannya..

Selasa, 13 Januari 2009

MUXLIM.COM: Simulasi Dunia Virtual Muslim Pertama


VIRTUAL: Ruang virtual dengan tokoh avatar muslim sedang beribadah


Sebuah game dunia virtual bagi komunitas muslim baru saja diluncurkan. Masih dalam versi percobaan, permainan simulasi digital bernama Muxlim Pal, memungkinan pemain 'merawat' tokoh avatar kartun yang tinggal di dunia virtual tersebut.

Hampir mirip dengan simulasi dunia virtual seperti The Sims, Muxlim Pal membuat para pemain dapat mengatur dan memilih sendiri tampilan avatar serta ruang pribadinya. Bahkan di ruang pribadi, game ini memungkinkan tokoh memiliki sajadah dan ruang untuk beribadah. Bisa dibilang Muxlim Pal adalah debutan dalam Islamogaming berkategori simulasi dunia virtual

Ditujukan bagi muslim di negara Barat, pencipta Muxlim Pal berharap game-nya juga mendorong pengertian di kalangan non-muslims.

"Situs online kami bukanlah situs religius, Kami adalah pengelola situs yang fokus pada gaya hidup, "ujar Mohamed El-Fatatry, pendiri Muxlim.com, situs induk dari Muxlim Pal.

"Ini untuk orang-orang yang khusus tertarik terhadap budaya muslim dan gaya hidup muslim," ungkap Mohamed lagi seperti yang dikutip oleh situs berita BBC

"Apa yang kami lihat dari riset pasar kami adalah, kebanyakan muslim memiliki gaya hidup yang tidak jauh beda dengan orang lain," ujar Mohammed. "Mereka semua berbagi nilai-nilai mendasar berasal dari Islam, lalu selebihnya mereka memiliki identitas lain dan juga banyak ketertarikan," imbuh Mohammed.

Ia juga mengatakan dunia virtual ciptaanya memiliki isi dalam 26 kategori berbeda, dan hanya satu yang berisi agama. Mohammed berharap, itu akan membantu kebutuhan muslim dalam pertemuan dan obrolan dengan pihak lain dalam hal berbagi minat.


Mereka yang bergabung dengan situs itu memperoleh kemampuan mengontrol hidup karakter kartun, atau pal yang dapat digunakan sebagai proxy untuk menjelajah dunia virtual--yang memiliki pantai, bar, arena olahraga, dan area belanja

Pengembangan Karakter

Pal atau avatar yang dikontrol para anggota situs memiliki beberapa 'tingkatan' yang menunjukkan kebahagian, kesesuaian, pengetahuan, dan spiritualitas yang akan berubah ketika karakter tersebut melakukan kegiatan atau tugas di lingkungan sosial virtual mereka.

"Letak perbedaan dengan The Sims, ialah game ini bersifat sosial," ujar Mohamed. "Sehingga anda benar-benar berinteraksi dengan orang lain di waktu yang sama, dan melihat karakter serta apa yang mereka lakukan," papar Mohammad.

Dunia virtual online ini dapat dimanfaatkan secara cuma-cuma, namun masuk ke level berikut membutuhan layanan premium, yang berarti membayar. Anggota yang membayar mampu melakukan lebih banyak hal dengan karakter avatar dan ruang pribadinya.

Sehingga mereka yang bergabung dengan Muxlim Pal akan mendapat koin virtual untuk belanja di toko dunia virtual bagi si tokoh kartun, atau untuk mendekorasi rumah karakter tokoh. Sementara uang asli digunakan untuk membeli uang-uang virtual tadi. Sejauh ini hampir tidak ada kembalian yang diberikan dalam pembelian koin virtual.

Menurut keterangan Mohamed dari pantauan penggunaan situs dalam 1,5 bulan terakhir, percepatan untuk menciptakan karakter dalam Muxlim Pal tumbuh cepat

Ia berkata, "Kami melihat pengguna sangat menikmati pengembangan karakter tertentu di Muxlim.com. dan juga tidak ada dunia virtual yang menawarkan lingkungan ramah keluarga bagi komunitas kami,'

Versi percobaan itu sendiri hanya berlaku selama enam bulan, dan menurut Mohamed, ia akan melakukan perubahan signifikan sebelum peluncuran resmi ke publik pada 2009 nanti. Muxlim kini tengah menginvestigasi apakah anggota ingin mengreasikan konten mereka sendiri, seperti kursi, atau baju dan membaginya dengan pengguna lain.

"Sangat penting untuk meletakkan usul pengguna dan bagaimana mereka berinteraksi dengan itu. Umpan balik yang mereka beri memainkan peranan besar pada poduk yang kami buat," ungkap Mohamed./it


http://smsplus.blogspot.com/2008/12/proyek-permainan-virtual-muslim.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar