jika politik adalah sesuatu yang abu-abu
yang menjadi senjata para penguasa
yang menjadi sindikat pengejar harta dunia
maka aku bukanlah itu
Namun jika politik adalah pembelaan & perjuangan
yang membangunkan keberanian retorika
dan lantang meneriakkan keadilan
maka aku adalah politikus itu

Jika demokrasi adalah belenggu penjajahan
diramaikan oleh tangan-tangan gila jabatan
disetir untuk mengubur kepribadian anak bangsa
maka itu bukan tempatnya
Namun jika demokrasi adalah sebuah peluru pembebas
yang pengusungnya adalah teladan sejati
dan ideologinya menembus keangkuhan parlemen
maka itu adalah kendaraannya..

Kamis, 19 Agustus 2010

Irwan Prayitno-Muslim Kasim Resmi Jadi Gubernur-Wakil Gubernur

PADANG. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mewakili Presiden melantik politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Irwan Prayitno dan mantan Bupati Padangpariaman Muslim Kasim sebagai gubernur-wakil gubernur baru Provinsi Sumatera Barat periode 2010-2015 dalam rapat paripurna DPRD Sumbar, Padang, Minggu (15/8/2010).

Irwan dan Muslim memenangkan Pilkada Sumatera Barat yang digelar 30 Juni lalu. Didukung PKS, Partai Hanura, dan Partai Bintang Reformasi, pasangan ini mengalahkan empat pasangan lainnya, termasuk incumbent gubernur Marlis Rahman dengan perolehan suara 657.763 atau 32,44 persen.

Pelantikan gubernur baru dilakukan di gedung belakang kantor DPRD Sumatra Barat Jalan Khatib Sulaiman, bekas garase bus dan mobil dinas dewan. Ini dilakukan karena ruang utama gedung DPRD Sumbar masih belum diperbaiki setelah rusak berat dihantam gempa 30 September 2009.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dalam sambutannya mengingatkan agar gubernur baru bisa menjalin sinergi dengan kepala daerah kota dan kabupaten. Bukan saling tidak bersinergi seperti banyak daerah di Indonesia.

"Provinsi dengan kota dan kabupaten bukan berdiri sendiri, tapi saling bersinergi, dengan bersinergi akan bisa membangun daerah lebih baik," ujarnya.

Ia juga mengingatkan agar gubernur terpilih dalam 3 bulan sudah bisa merampungkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang disusun dari visi-misi yang disampaikan ketika pencalonan. RPJMD ini dicocokan dengan rencana pemerintah kota dan kabupaten, serta nasional.

Ketua DPRD Sumatera Barat, Yulteknil mengingatkan agar pasangan gubernur-wakil gubernur terpilih bisa menggandeng pengusaha dan melobi pemerintah pusat untuk membangun Sumatra Barat yang kurang sumber daya.


"Apalagi negeri ini belum pulih akibat bencana gempa 30 September 2009, rehabilitasi dan rekonstruksi belum seperti diharapkan, masih banyak rumah warga, sekolah, bangunan pemerintah yang rusak berat belum diperbaiki, kami berharap ini menjadi prioritas untuk dituntaskan," ujarnya.

Pelantikan yang dihadiri lebih 2.000 orang juga dihadiri sejumlah menteri, seperti Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring, Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, dan Menteri Pertanian Suswono.

Selain itu juga dihadiri Ketua Dewan Pimpinan Daerah RI Irman Gusman, mantan Menteri Pertahanan Wiranto, Menteri Pertahanan Malaysia Datuk Seri Ahmad Zahid Bin Hamidi, dan sejumlah anggota DPR RI dan DPD asal Sumbar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar