jika politik adalah sesuatu yang abu-abu
yang menjadi senjata para penguasa
yang menjadi sindikat pengejar harta dunia
maka aku bukanlah itu
Namun jika politik adalah pembelaan & perjuangan
yang membangunkan keberanian retorika
dan lantang meneriakkan keadilan
maka aku adalah politikus itu

Jika demokrasi adalah belenggu penjajahan
diramaikan oleh tangan-tangan gila jabatan
disetir untuk mengubur kepribadian anak bangsa
maka itu bukan tempatnya
Namun jika demokrasi adalah sebuah peluru pembebas
yang pengusungnya adalah teladan sejati
dan ideologinya menembus keangkuhan parlemen
maka itu adalah kendaraannya..

Rabu, 19 Oktober 2011

Kang Harna yang Saya Kenal

Berikut penuturan Bung Mabruri (staf ahli Pak Tifatul Sembiring) tentang sosok Suharna Surapranata (mantan) Menristek yang lebih akrab disapa Kang Harna.

* Kader pks yg muda mungkin tak terlalu kenal dengan Suharna Surapranata mantan Menristek yg dicopot SBY. Saya kenal sejak 3 SMP. #kangHarna
* #kangHarna waktu itu msh kuliah di FMIPA UI Salemba dan sy thn '83 ikut training islam di masjid ARH UI Salemba.
* #kangHarna ini irit omong banyak kerja murah senyum handsome pintar kalem dan sunda pisan lah. Namanya mirip babe saya Suharno ;-)
* Mesjid ARH UI sama rumah saya di Bearland relatif dekat. hampir tiap pekan saya ngaji di ARH. #kangHarna salah satu mentornya.
* Memang #kangHarna beda dng mentor lain. Jarang kasih ceramah tapi sibuk bikin bimbingan belajar buat anak SMA yg mau test sipenmaru.

* Saya ingat nama bimbel pertama yg dibikin #kangHarna KBIM kelompok belajar intelektual muslim dan sy salah seorang murid pertamanya :-)
* Karena waktu itu kesulitan tempat dan tdk bisa pake mesjid ARH UI #kangHarna lobi ke bapak saya u/ pakai musholla rumah. Babe setuju.
* Murid KBIM pertama sekitar 30 an. banyakan dari SMA 8, SMA1 SMA3 dan SMA 31 #kangHarna jd semacam direkturnya.
* Sayang tempat belajar KBIM gak bisa bertahan lama di musholla Bearland. Tetangga2 tentara pd komplen ke babe saya #kangHarna dan KBIM cabut!
* Sedih juga KBIM pindah. Tapi kita tetep smangat. Belajar pindah2 dari satu masjid ke masjid lain. Jami matraman, sentiong dll.
* Kalau gak salah KBIM inilah yg nanti jadi cikal bakal Nurul Fikri bimbel dan lembaga pendidikan Islam terkenal hasil keuletan #kangHarna dkk.
* Temen2 angkt 1 KBIM rata2 masuk UI semua cuman saya sajah yg IQ nya jongkok gak diterima di UI. Huhuhu...
* #kangHarna juga terasah jiwa bisnisnya. Bahan2 cetakan buat bimbel tidak di order le tempat lain. Tpdicetak sendiri & jd percetakan profit.
* Jaman dulu aktivis dakwah th 90an rata2 kere gak punya duit. #kangHarna salah satu pengecualian. Punya usaha sendiri, rumah dan mobil keren.
* Rumah #kangHarna di gg hj maun kalibata adalah tempat kumpul para aktivis dakwah. Jadi saksi lahirnya ide2 besar membangun kokohnya dakwah.
* Dari dulu sampai sekarang #kangHarna gak berubah. Tetep santun, murah senyum, ringan tangan, low profile dan istiqomah.
* Terakhir sy jalan bareng dng #kangHarna waktu nganter ke cikeas saat para calon menteri dipanggil sby u/ audisi thn 2009.
* Waktu itu ahad pg sy janjian sama di SPBU Cibubur. sy parkir mobil dan pindah ke mobil #kangHarna menuju Cikeas. sempet ngopi dulu di dunkin.
* Di mobil #kangHarna cerita dia udah mohon2 spy gak jd menteri ke ustadz. Tapi ustadz tetep menugaskan dia agar jd menteri.
* Di tengah jalan dpt telpon dr @tifsembiring waktu itu presiden pks spy #kangHarna bawa CV buat diserahkan ke sby-boediono.
* krn gak ada persiapan jd menteri dan gak minat #kangHarna gak bawa apa2 :-) akhirnya kita cari warnet. Buka file & ngeprint CV 2 copy!!
* Sepanjang perjalanan ke cikeas yg dirisaukan #kangHarna a/ ntar ngomong apa brur di depan wartawan? :-)
* Akhirnya kita bikin contekan di kertas kecil apa2 yg mesti diomongin #kangHarna di depan wartawan ;-)
* Akhirnya sy dan #kangHarna ber2 aja masuk rumah sby di cikeas. Selama kang harna di dlm saya ngobrol2 sama temen wartawan.
* Akhirnya saat yg paling susah tiba juga. #kangHarna keluar menuju mike dan lihat contekan bicara di depan wartawan dng agak gemetar :-)
* Saya telpon supir #kangHarna agar jemput di gerbang biar cepat masuk mobil dan gak ditanya2 wartawan. Pertanyaan wartawan hny dijawab senyum.
* Itu sedikit ttg #kangHarna. Masih banyak sisi baik beliau yg saya tdk tahu.

Kesaksian tambahan:

@BanuMuhammad :

* Pencopotan #KangHarna pastinya bukan karena kinerja. berdasarkan penilaian UKP4 dan BPK, kinerja (mantan) menristek diakui BAGUS.
* bahkan lapkeu Kementrian dibawah #KangHarna dinyatakan WTP 2 th berturut-turut, mk renumerasi Kemenristek dipercepat tahun ini
* kata temen saya yg PNS di Kemenristek, #KangHarna contoh yg ideal dlm pemikiran dan perbuatan.. wallohu a'lam.

Sumber: Twitter.com/brurmabrur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar