jika politik adalah sesuatu yang abu-abu
yang menjadi senjata para penguasa
yang menjadi sindikat pengejar harta dunia
maka aku bukanlah itu
Namun jika politik adalah pembelaan & perjuangan
yang membangunkan keberanian retorika
dan lantang meneriakkan keadilan
maka aku adalah politikus itu

Jika demokrasi adalah belenggu penjajahan
diramaikan oleh tangan-tangan gila jabatan
disetir untuk mengubur kepribadian anak bangsa
maka itu bukan tempatnya
Namun jika demokrasi adalah sebuah peluru pembebas
yang pengusungnya adalah teladan sejati
dan ideologinya menembus keangkuhan parlemen
maka itu adalah kendaraannya..

Minggu, 29 Agustus 2010

PKS: Hatta Capres, Patahkan Mitos

VIVAnews. Masuknya nama Ketua Umum Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa dalam bursa calon Presiden dinilai Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera Anis Matta sebagai terobosan. Menurut Anis, pernyataan pendiri PAN Amien Rais untuk mengajukan Hatta di 2014 mematahkan mitos.

"Menurut saya itu gejala yang sehat," kata Anis. "Ya, kita dukung itu, insya Allah. Kenapa? Karena, itu berarti kita mematahkan mitos bahwa tidak ada lagi pemimpin selain yang ada. Saya rasa Amien Rais sudah menyampaikan terobosan penting," ujarnya di gedung DPR, Jakarta, Kamis 26 Agustus 2010.

Menurut anis apa yang dilakukan PAN itu menepis anggapan Indonesia krisis calon pemimpin. Anis juga menantikan partai lain melakukan langkah serupa. "Nanti kita tinggal tunggu dengar lagi calon dari PDIP, calon dari Golkar. Itu hal yang bagus artinya stok pemimpin kita banyak," kata Anis yang juga Wakil Ketua DPR itu.

Penominasian Hatta ini, kata Anis, juga mementahkan bulat-bulat usul Presiden bisa tiga periode. Ide belakangan ini, kata Anis, seakan-akan mengisyaratkan tidak ada lagi pemimpin di Indonesia. "Karena kita tidak kasih kesempatan pada orang lain," kata Anis.

Anis menyebut, zaman Soekarno muncul 'pemimpin seumur hidup'. Zaman Soeharto, setiap hendak memasuki masa Pemilu, selalu ada yang bilang 'tidak ada yang bisa menyamai soeharto'.

Permudah Calonkan Presiden

Untuk itu, Anis menyatakan PKS sekarang ini sedang mempertimbangkan untuk mengusulkan agar capres nanti bisa dicalonkan oleh partai yang lolos parliamentary threshold. Usulan ini akan didorong PKS dalam perubahan undang-undang paket politik. "Jadi misalnya parliamentary threshold dinaikkan jadi lima persen, semua partai yang dapat lima persen boleh mencalonkan presiden," kata Anis.

"Jadi saya kira, kita semua berkepentingan menciptakan suatu sistem yang memudahkan orang untuk mencalonkan diri. Supaya stok kepemimpinan kita itu banyak, dan itu sebenarnya adalah gejala yang sehat bagi kita secara politik,"
kata Anis.

Hatta Rajasa sendiri siang ini mengaku belum memikirkan wacana pencalonannya sebagai calon Presiden tahun 2014. Hatta mengaku masih konsentrasi bekerja sebagai Menteri. (umi)


Sumber: VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar