jika politik adalah sesuatu yang abu-abu
yang menjadi senjata para penguasa
yang menjadi sindikat pengejar harta dunia
maka aku bukanlah itu
Namun jika politik adalah pembelaan & perjuangan
yang membangunkan keberanian retorika
dan lantang meneriakkan keadilan
maka aku adalah politikus itu

Jika demokrasi adalah belenggu penjajahan
diramaikan oleh tangan-tangan gila jabatan
disetir untuk mengubur kepribadian anak bangsa
maka itu bukan tempatnya
Namun jika demokrasi adalah sebuah peluru pembebas
yang pengusungnya adalah teladan sejati
dan ideologinya menembus keangkuhan parlemen
maka itu adalah kendaraannya..

Minggu, 27 Juni 2010

Gubernur Jabar Gelontorkan Rp480 M Bangun Sekolah

INILAH.COM, Bandung. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berkomitmen untuk membangun pendidikan di Jawa Barat. Untuk merealisasikan, dana Rp480 miliar pun digelontorkan.

Sebagian dari dana pendidikan sebesar 20 persen dari APBD 2010 akan digunakannya untuk rehabilitasi ruang kelas sebanyak 2.328 sekolah, perbaikan 3.000 ruang kelas yang rusak akibat gempa bumi September 2009, pembangunan 120 unit SMK baru dengan total anggaran mencapai Rp480 miliar.

"Terobosan dan loncatan dalam membangun dunia pendidikan Jawa Barat harus terus dilakukan. Khususnya untuk mengejar target nasional Angka Partisipasi Kasar atau APK tingkatSLTA yaitu sebesar 68%. Selain itu berbagai program terus digulirkan seperti beasiswa BAGUS, BOS Provinsi, buku gratis pada mata pelajaran yang di-UN-kan untuk seluruh siswa, dan bantuan seragam sekolah bagi siswa tidak mampu serta penyediaan Beasiswa pendidikan menengah dan tinggi," ujarnya saat melepas lulusan sekolah di lingkup Yayasan Darmaloka tahun ajaran 2009/2010, di Gedung Sate, Bandung, Senin (21/6).

Khusus untuk mendorong kemajuan pendidikan tinggi, Heryawan menyatakan Pemprov Jawa Barat terus mendorong penambahan jumlah Perguruan Tinggi dan fasilitasi penegerian Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Barat. Di antara perguruan tinggi yang sudah memulai dengan program itu di antaranya di wilayah Karawang (Universitas Singaperbangsa Karawang), wilayah Sukabumi (Poltekkes Sukabumi), wilayah Cirebon (Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon), dan wilayah Priangan Timur (Universitas Siliwangi Tasikmalaya).

Disamping program tersebut di atas, pada tahun 2010 ini Pemprov Jawa Barat juga meluncurkan Program Beasiswa kepada mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dibagi menjadi 3 bagian, yaitu Beasiswa Satu Siklus, Beasiswa Reguler dan Program Bantuan Tugas Akhir, dengan jumlah anggaran mencapai Rp. 17,35 miliar untuk1.290 mahasiswa di Jawa Barat.

"Dengan program tersebut, diharapkan pendidikan di Jawa Barat menghasilkankualitas sumberdaya manusia yang meningkat,danbermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat secara berkesinambungan," imbuhnya. [mut/detik.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar