jika politik adalah sesuatu yang abu-abu
yang menjadi senjata para penguasa
yang menjadi sindikat pengejar harta dunia
maka aku bukanlah itu
Namun jika politik adalah pembelaan & perjuangan
yang membangunkan keberanian retorika
dan lantang meneriakkan keadilan
maka aku adalah politikus itu

Jika demokrasi adalah belenggu penjajahan
diramaikan oleh tangan-tangan gila jabatan
disetir untuk mengubur kepribadian anak bangsa
maka itu bukan tempatnya
Namun jika demokrasi adalah sebuah peluru pembebas
yang pengusungnya adalah teladan sejati
dan ideologinya menembus keangkuhan parlemen
maka itu adalah kendaraannya..

Selasa, 16 Maret 2010

Jangan Berselisih

Kasus Bank Century agaknya akan memasuki babak baru yakni perselisihan antara DPR melawan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jika hal ini menjadi kenyataan maka akan menjadi preseden buruk bagi kehidupan berbangsa, khususnya terkait dengan pemberantasan korupsi.

Bibit-bibit konflik DPR dan KPK, diawali dengan pernyataan dua komisioner KPK Bibit Samad Rianto dan Haryono Umar yang mengatakan rekomendasi Dewan terkait kasus Bank Century tidak kuat untuk dijadikan dasar penanganan kasus itu secara hukum. Pernyataan KPK tersebut lantas membuat sejumlah anggota Dewan kecewa. Respons mengejutkan muncul ketika salah satu anggota Dewan mengusulkan pemotongan anggaran KPK. Kemudian bermunculan hujatan-hujatan kepada KPK dari sejumlah wakil rakyat. Akankah babak baru perseteruan antarlembaga negara kembali terjadi?

Menurut kami, pernyataan dua komisioner KPK itu tak perlu ditanggapi berlebihan. Kami yakin apa yang disampaikan KPK tidak asal ngomong, namun sudah melalui telaah hukum. Ada baiknya pula, anggota Dewan tidak asal mengancam atau menakut-nakuti.

Inti dari penyelesaian soal ini adalah komunikasi. DPR harus segera memanggil KPK untuk mengklarifikasikan pernyataan itu tanpa perlu embel-embel ancaman dan sejenisnya. Sebab kita seluruh komponen masyarakat tentunya berharap kasus Bank Century terselesaikan dan mekanisme yang tepat untuk itu adalah penyelesaian melalui jalur hukum.

Kami juga berharap agar masalah Bank Century tidak lagi ditarik-tarik ke ranah politik. Biarkan aparat penegak hukum, entah itu KPK, Kejaksaan atau Kepolisian menyelesaikan itu semua. Kita komponen masyarakat tinggal mengawasi, jika ada proses yang macet mari kita dorong bersama-sama, kita carikan jalan keluarnya.

Untuk KPK, masyarakat Indonesia tentunya berharap lembaga ini bisa menuntaskan kasus Bank Century. Siapa pun yang diduga bersalah harus diseret ke pengadilan.

Biarkan proses di pengadilan yang menentukan apakah seseorang bersalah atau tidak bersalah. Tak peduli dia kini seorang wakil presiden atau menteri. Masyarakat saat ini banyak berharap terhadap KPK yang sejak pembentukannya sudah mampu menjelma sebagai lembaga yang ditakuti para koruptor. Jika KPK mampu menuntaskan kasus Bank Century dengan baik, KPK pasti akan lebih dicintai rakyat. Kita tunggu saja!


Sumber: Harian Joglosemar Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar