jika politik adalah sesuatu yang abu-abu
yang menjadi senjata para penguasa
yang menjadi sindikat pengejar harta dunia
maka aku bukanlah itu
Namun jika politik adalah pembelaan & perjuangan
yang membangunkan keberanian retorika
dan lantang meneriakkan keadilan
maka aku adalah politikus itu

Jika demokrasi adalah belenggu penjajahan
diramaikan oleh tangan-tangan gila jabatan
disetir untuk mengubur kepribadian anak bangsa
maka itu bukan tempatnya
Namun jika demokrasi adalah sebuah peluru pembebas
yang pengusungnya adalah teladan sejati
dan ideologinya menembus keangkuhan parlemen
maka itu adalah kendaraannya..

Kamis, 11 Desember 2008

Ketua MPR Kecewa Soal Transportasi Haji


JAKARTA. Ketua MPR RI Hidayat Nurwahid di Jakarta, Jumat, menyayangkan kekacauan transportasi jemaah haji Indonesia di Tanah Suci Mekkah tahun ini yang berdampak pada berkurangnya kenyamanan dan kekhusyukan ibadah para jemaah.

"Memang ini merupakan kondisi yang tidak terduga setelah ada perluasan Masjidil Haram," katanya kepada pers di gedung DPR.

Akibat perluasan masjid itu, tempat-tempat yang sebelumnya digunakan jemaah untuk pondokan tidak bisa lagi disewakan. Jadi menurut Hidayat, yang sangat diharapkan adalah bagaimana Departemen Agama mengevaluasi sarana transportasi yang digunakan.

Namun demikian evaluasi yang sama seharusnya juga dilakukan pemerintah Saudi Arabia untuk memperhatikan berbagai masalah yang menimpa jamaah haji secara keseluruhan.

Sebelumnya pemindahan pondokan jamaah haji ke lokasi yang agak jauh dari Masjidil Haram telah mengakibatkan penumpukan jamaah yang tidak terangkut sarana transportasi yang disediakan, baik saat berangkat maupun pulang dari masjid ke pondokan atau sebaliknya.

Menurut Hidayat memang sudah ada pemikiran untuk mengatasi masalah transportasi tersebut dengan menggunakan kereta api atau monorail atau MRT. "Kita berharap apa yang terjadi sekarang ini dievaluasi secara konstruktif oleh pemerintah Indonesia maupun Saudi Arabia," katanya. - ant/ah


http://smsplus.blogspot.com/2008/12/ketua-mpr-kecewa-soal-transportasi-haji.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar