jika politik adalah sesuatu yang abu-abu
yang menjadi senjata para penguasa
yang menjadi sindikat pengejar harta dunia
maka aku bukanlah itu
Namun jika politik adalah pembelaan & perjuangan
yang membangunkan keberanian retorika
dan lantang meneriakkan keadilan
maka aku adalah politikus itu

Jika demokrasi adalah belenggu penjajahan
diramaikan oleh tangan-tangan gila jabatan
disetir untuk mengubur kepribadian anak bangsa
maka itu bukan tempatnya
Namun jika demokrasi adalah sebuah peluru pembebas
yang pengusungnya adalah teladan sejati
dan ideologinya menembus keangkuhan parlemen
maka itu adalah kendaraannya..

Jumat, 29 April 2011

Anggaran Studi Komparasi Pansus I dan II DPRD Sukoharjo Rp 128 Juta

Panitia khusus (Pansus) I dan II DPRD Sukoharjo lakukan studi komparasi pertama pada anggaran 2011 ke propinsi Jawa Timur. Total anggaran yang disediakan untuk kegiatan tersebut sebesar Rp 128 juta.

Kabag Keuangan Sekretariat DPRD Sukoharjo, Sriyono mengatakan anggaran untuk studi komparasi Pansus I dan II ke luar propinsi totalnya mencapai Rp 128 juta. Masing-masing anggota DPRD yang ikut serta dijatah Rp 3 juta untuk studi komparasi yang berlangsung selama tiga hari dua malam tersebut. “Anggaran senilai Rp 3 juta untuk setiap anggota Dewan itu sudah disesuaikan dengan indeks,” ujar Sriyono, Rabu (20/4).

Dia melanjutkan, anggaran studi komparasi anggota DPRD ke luar provinsi di APBD 2011 ini, dianggarkan selama dua kali. Untuk studi komparasi pertama dilakukan Pansus I dan II dengan mengunjungi beberapa kota di Propinsi Jawa Timur. Artinya, DPRD masih memiliki waktu sekali lagi untuk melakukan studi komparasi ke luar provinsi. Sementara kegiatan studi banding atau studi komparasi legislator ke luar Pulau Jawa, dianggarkan selama dua kali.

Dijelaskan Sriyono studi komparasi kali pertama dilakukan oleh Pansus II yang melakukan pembahasan Raperda Pembentukan Badan Penanggulangan Daerah, Raperda Penanaman Modal, dan Raperda Penyelenggara Perlindungan Terhadap Korban Kekerasan Berbasis Gender dan Anak ke Kabupaten Tulunganggung dan Kabupaten Blitar, Jatim, Kamis-Sabtu (14-16/4).

Sedangkan Pansus I melakukan studi komparasi dan membahas Raperda Pajak Daerah dan Pajak Retribusi Daerah di Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim), Senin-Rabu (18-20/4).

Wakil Ketua Pansus I, Hasman Budiadi mengatakan, studi komprasi sangat diperlukan pada pembahasan Raperda. Apalagi, Raperda yang dibahas saat ini Raperda Pajak Daerah dan Raperda Retribusi Daerah dinilai sangat penting untuk dikomparasikan dengan daerah lain. Namun, ketika disinggung mengenai besarnya anggaran kegiatan studi banding itu, Hasman enggan berkomentar lebih lanjut.

Sumber: KR Jogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar