jika politik adalah sesuatu yang abu-abu
yang menjadi senjata para penguasa
yang menjadi sindikat pengejar harta dunia
maka aku bukanlah itu
Namun jika politik adalah pembelaan & perjuangan
yang membangunkan keberanian retorika
dan lantang meneriakkan keadilan
maka aku adalah politikus itu

Jika demokrasi adalah belenggu penjajahan
diramaikan oleh tangan-tangan gila jabatan
disetir untuk mengubur kepribadian anak bangsa
maka itu bukan tempatnya
Namun jika demokrasi adalah sebuah peluru pembebas
yang pengusungnya adalah teladan sejati
dan ideologinya menembus keangkuhan parlemen
maka itu adalah kendaraannya..

Minggu, 09 Mei 2010

Amanah Kehidupan

Bismillahirrahmanirrahim...

Met Milad yang ke-28 kepada Sekretaris DPC PKS Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Semoga selalu dalam ke-Ridho-an Allah SWT. Renungan ini dipersembahkan oleh keluarga besar PKS kecamatan Grogol...

Kehidupan adalah sebuah amanah yang diberikan oleh Allah swt. Manusia ataupun makhluk lainnya tidak pernah merencanakan untuk hidup di dunia ini, tetapi Allah swt yang menentukannya. Pun ketika kita menjalaninya, kita jua tak memiliki hak tuk mengakhirinya. Kehidupan tidak lain adalah amanah bagi kita.

Amanah harus dipertanggungjawabkan. Allah swt memberikan kepercayaan kepada Manusia untuk membuktikan dirinya sebagai makhluk yang paling sempurna penciptaannya dan yang paling baik amalnya untuk segenap alam ini. Kepercayaan tersebut suatu saat akan dievaluasi pelaksanaannya. Tanggung jawab itulah yang membuat amanah kehidupan ini harus mau kita laksanakan dengan memberikan usaha terbaik yang kita miliki.

Ada yang unik dari amanah kehidupan ini, yaitu akhir dari amanah itu sendiri. Akhir kehidupan ini dirahasiakan olehNya. Ia bisa saja tahun kemudian, atau bulan esok, atau bahkan hari ini, jam ini dan detik ini. Hanya Dia yang mengetahui kapan amanah ini harus dicabut. Walaupun sebagian orang berusaha dengan sangat keras mengakhiri hidupnya, tatkala Allah swt belum mencabut amanah ini maka ia akan tetap berada pada amanah kehidupan. Begitupun sebagian orang lain yang berusaha mempertahankan dan memanjangkan usianya, tatkala Allah swt telah menentukan akhir amanah ini maka berakhirlah kesempatannya menunaikan amanah kehidupan. Kita, pemangku amanah ini tidak mengetahui bilamana waktu kita selesai. Unik.

Keunikan tersebut berujung pada satu hal. Ketaqwaan. Taqwa yang berlaku pada setiap saat, setiap momen, setiap detik. Karena begitu pula amanah ini akan dievaluasi. Setiap saat, setiap momen, setiap detik, dan sekecil apapun amal-amal yang ditunaikan dalam amanah kehidupan ini.

Akankah kita mampu menunaikannya dengan sempurna sesuai dengan apa yang diamanahkanNya. Ataukah kita lupa bahwa kehidupan kita adalah amanah yang singkat, yang unik, dan yang suatu saat akan dimintai pertanggungjawaban dengan segala konsekuensi yang mengikutinya.

-that’s what shortlife means.

Alhamdulillahirabbil alamin.


Sumber: triajinugroho.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar