jika politik adalah sesuatu yang abu-abu
yang menjadi senjata para penguasa
yang menjadi sindikat pengejar harta dunia
maka aku bukanlah itu
Namun jika politik adalah pembelaan & perjuangan
yang membangunkan keberanian retorika
dan lantang meneriakkan keadilan
maka aku adalah politikus itu

Jika demokrasi adalah belenggu penjajahan
diramaikan oleh tangan-tangan gila jabatan
disetir untuk mengubur kepribadian anak bangsa
maka itu bukan tempatnya
Namun jika demokrasi adalah sebuah peluru pembebas
yang pengusungnya adalah teladan sejati
dan ideologinya menembus keangkuhan parlemen
maka itu adalah kendaraannya..

Kamis, 29 April 2010

Remaja Muslim Florida Bikin Proyek bagi Warga Miskin

FLORIDA. Tak banyak yang tahu, adalah sekelompok anak muda Muslim yang berada di balik Project Downtown, organisasi nirlaba yang menaruh perhatian bagi mengentasan kemiskinan yang melilit masyarakat yang kurang beruntung di Amerika Serikat. Proyek yang bermula dari Florida itu kini sudah menyebar ke banyak kota di AS.

Tujuan proyek itu adalah membantu kelompok miskin dari berbagai latar belakang dan budaya yang berbeda. Tujuan lainnya yakni memperlihatkan kepada teman-teman Amerika bahwa mayoritas Muslim Amerika adalah warga negara yang baik dan memberi sumbangan positif kepada Amerika.

Cara mereka mencitrakan agamanya dipuji banyak orang. Tak perlu banyak bicara, yang penting kerja. "Islam adalah rahmat bagi semua," ujar salah satu dari mereka. Para anggota Project Downtown di Tampa, misalnya, mengatakan yang mendorong mereka bergabung adalah menyaksikan orang yang membutuhkan pertolongan.

Project Downtown dimulai oleh beberapa kelompok mahasiswa di Miami. Mereka mulai mengumpulkan uang setelah mengetahui masalah dalam masyarakat di sana. Mereka pergi ke balai kota setempat dan mulai menyediakan makanan bagi kelompok yang membutuhkannya.

Bagi para mahasiswa di Project Downtown, perbedaan keyakinan dengan orang-orang yang mereka tolong tidak dipermasalahkan. Jill Moreida, anggota Project Downtown, mengatakan, LSM-nya tak sekadar bagi-bagi makanan, habis itu selesai. “Kami mendatangi mereka. Ksmi berteman dan berbicara dengan mereka. Kami berinteraksi dengan mereka terus menerus. Kami tahu keluarga mereka. Kami tahu ketika mereka sakit. Kami berupaya membina hubungan dengan mereka.”

Selagi hubungan berkembang, menurut Jill, kelompok gelandangan memperoleh pemahaman baru tentang Islam.

Project Downtown adalah satu organisasi yang disponsori kelompok Muslim Florida. Dananya berasal dari berbagai kelompok Muslim lainnya di negara bagian itu, termasuk Aliansi Muslim Tampa Bay.

Ketua aliansi tersebut yang juga adalah ahli jantung, Dr. Hussein Nagamiya, mengatakan, “Tujuan utama kami adalah memberi makan orang yang kelaparan, menyediakan pakaian bagi kelompok miskin, mencari tahu kebutuhan mereka, karena mereka gelandangan, tidak punya tempat berlindung. Kami memeriksa kesehatan mereka. Kami meneliti penyakit mereka dan mengirim mereka ke klinik gratis.”

Selain menolong kelompok miskin dan mengajarkan mereka tentang Islam, kelompok-kelompok seperti Project Downtown dan Aliansi Muslim Tampa Bay berharap dapat mencapai tujuan lainnya yakni memperlihatkan kepada warga Amerika lainnya, bahwa mayoritas Muslim Amerika adalah warga negara yang baik dan memberi sumbangan positif kepada Amerika.


Sumber: Republika Newsroom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar