jika politik adalah sesuatu yang abu-abu
yang menjadi senjata para penguasa
yang menjadi sindikat pengejar harta dunia
maka aku bukanlah itu
Namun jika politik adalah pembelaan & perjuangan
yang membangunkan keberanian retorika
dan lantang meneriakkan keadilan
maka aku adalah politikus itu

Jika demokrasi adalah belenggu penjajahan
diramaikan oleh tangan-tangan gila jabatan
disetir untuk mengubur kepribadian anak bangsa
maka itu bukan tempatnya
Namun jika demokrasi adalah sebuah peluru pembebas
yang pengusungnya adalah teladan sejati
dan ideologinya menembus keangkuhan parlemen
maka itu adalah kendaraannya..

Minggu, 03 Januari 2010

Jawa Barat Dirikan Rumah Perempuan Trampil


PK-Sejahtera Online. Untuk menangani pemberdayaan perempuan di Jawa Barat, mulai tahun 2010 didirikan Rumah Perempuan Trampil Jawa Barat oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) sebagai salah satu dinas yang masuk dalam gugus tugas penanganan pemberdayaan perempuan.
Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat Netty Heryawan seusai mendampingi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA) Linda Amalia Sari dalam acara diskusi pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Hotel Horison 29/12/2009.

Lebih lanjut Netty menyatakan rumah perempuan trampil ini akan didirikan satu di tingkat propinsi dan masing-masing bakorwil. Kemudian akan direkomendasikan di tiap-tiap kota dan kabupaten di Jawa Barat. Rumah trampil ini berfungsi untuk memberikan pelatihan ketrampilan bagi pemberdayaan kaum perempuan. Disamping bekal ketrampilan juga akan diusahakan sedikit modal yang ada di badan dan dinas yang termasuk dalam gugus tugas.

“Dalam rumah trampil ini akan diberikan pelatihan berbagai ketrampilan untuk bekal masa depan seperti menjahit, merias, memasak, berdagang dan ketrampilan lainnya”, imbuhnya.

Saat disinggung mengenai masalah trafiking, istri gubernur Jawa Barat ini menyatakan target pemulangan 300 orang korban pada tahun anggaran 2010, perlu adanya dukungan anggaran yang responsif terhadap trafiking ini. Disamping pemulangan juga sangat penting adanya pemberdayaan setelah mereka berada di kampung halamannya, maka peran rumah perempuan trampil iniIah yang bisa menjadi alternatif pemberdayaan bagi mereka.

Masalah trafiking merupakan masalah gunung es yang perlu penanganan secara menyeluruh mulai dari pencegahan melalui edukasi dan promosi, penyadaran hukum, rehabilitasi bagi para korban, pendidikan komunitas, pemberdayaan ekonomi, dan lainnya.

“Penanganan trafiking ini harus mendapatkan perhatian bersama dan kerjasama dengan jejaring seluruh stakeholder yang ada di Jawa Barat”, pungkasnya. (pks jabar)


Sumber: PK-Sejahtera Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar