jika politik adalah sesuatu yang abu-abu
yang menjadi senjata para penguasa
yang menjadi sindikat pengejar harta dunia
maka aku bukanlah itu
Namun jika politik adalah pembelaan & perjuangan
yang membangunkan keberanian retorika
dan lantang meneriakkan keadilan
maka aku adalah politikus itu

Jika demokrasi adalah belenggu penjajahan
diramaikan oleh tangan-tangan gila jabatan
disetir untuk mengubur kepribadian anak bangsa
maka itu bukan tempatnya
Namun jika demokrasi adalah sebuah peluru pembebas
yang pengusungnya adalah teladan sejati
dan ideologinya menembus keangkuhan parlemen
maka itu adalah kendaraannya..

Kamis, 06 November 2008

DPT Pemilu Legislatif Jateng 26.208.795 orang, 150 KPU Kabupaten/Kota Dilantik


Daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilihan umum (pemilu) legislatif tahun 2009 wilayah Jawa Tengah (Jateng) 26.208.795 pemilih.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Ida Budhiati, kemarin, mengungkapkan data itu terhitung per 24 Oktober. ’’Jika dibandingkan dengan DPT pilgub (pemilihan gubernur), ada sedikit peningkatan. Dalam pilgub lalu, DPT 25.855.542 pemilih,’’ ujar dia.
Untuk persiapan pemilu 2009, KPU telah melantik 150 anggota KPU dari 30 kabupaten/kota se-Jawa Tengah di kantor Jalan Veteran Nomor 1A, Semarang, Jumat (24/10). Dari 150 anggota KPU yang dilantik itu, 53 orang merupakan anggota KPU periode sebelumnya.
Pelantikan dilakukan Ketua KPU Ida Budhiati dan dihadiri Wakil Gubernur Rustriningsih, Ketua Panwas Pemilu Jateng Abhan Misbhah, dan para pengurus partai peserta pemilu 2009.
Ida mengemukakan ada empat kabupaten/kota tak ikut pelantikan, yakni KPU Karanganyar, Magelang, Kota Magelang, dan Kota Tegal. Sebab, mereka masih menyelenggarakan pemilihan kepala daerah pekan ini. ’’Keputusan itu berpijak pada UU Nomor 22 Tahun 2007. Sementara KPU Banyumas telah dilantik pada 11 Oktober,’’ kata Ida.
Tugas Menunggu
Dari lima orang per kabupaten/kota, ada sebagian merupakan KPU lama, antara lain dari Kota Semarang, Grobogan, Sukoharjo, Klaten, Wonogiri, Pekalongan, dan Purbalingga. Setelah dilantik, para anggota KPU kabupaten/kota diharapkan segera melakukan konsolidasi antaranggota dan organisasi serta memilih ketua.
Ida menuturkan banyak tugas telah menunggu mereka. Mereka harus membangun komunikasi dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan, menyusun daftar calon tetap, mempersiapkan kebutuhan logistik, dan segera menyosialisasikan tahapan pemilu 2009.
Dari 150 pengurus KPU yang dilantik, 31 orang adalah perempuan. Padahal, pada KPU 2003-2008 lalu cuma 26 orang perempuan.
Rustriningsih berpesan seluruh anggota KPU kabupaten/kota yang telah dilantik dapat bertugas secara profesional sesuai dengan peraturan dan memiliki tanggung jawab besar.

http://www.jawatengah.go.id/newsmodeler_myn.php?NEWS=2008102704

Tidak ada komentar:

Posting Komentar