jika politik adalah sesuatu yang abu-abu
yang menjadi senjata para penguasa
yang menjadi sindikat pengejar harta dunia
maka aku bukanlah itu
Namun jika politik adalah pembelaan & perjuangan
yang membangunkan keberanian retorika
dan lantang meneriakkan keadilan
maka aku adalah politikus itu

Jika demokrasi adalah belenggu penjajahan
diramaikan oleh tangan-tangan gila jabatan
disetir untuk mengubur kepribadian anak bangsa
maka itu bukan tempatnya
Namun jika demokrasi adalah sebuah peluru pembebas
yang pengusungnya adalah teladan sejati
dan ideologinya menembus keangkuhan parlemen
maka itu adalah kendaraannya..

Rabu, 11 Agustus 2010

Rekrutmen CPNS Libatkan Universitas Lokal

SUKOHARJO. Belajar dari rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2009 yang dinilai banyak bermasalah, dalam rekrutmen CPNS tahun 2010 ini, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) diminta untuk melibatkan lembaga pendidikan di wilayah Surakarta.

Hal itu ditandaskan oleh Sekretaris Komisi I DPRD Sukoharjo, Syarif Hidayatullah, Selasa (10/8) lalu. “Laporan rekrutmen PNS tahun 2010 oleh BKD kepada Komisi I menyatakan akan melakukan kerja sama dengan lembaga Universitas Indonesia (UI), Jakarta,” ujar Syarif.

Padahal menurut dia, berdasarkan pengalaman tahun lalu rekrutmen CPNS yang dilakukan bersama UI tersandung banyak persoalan. Mestinya, jika hendak bekerja secara profesional, kejadian kemarin mestinya menjadi pelajaran untuk tahun 2010 ini, agar kesalahan serupa tidak terulang lagi.

Syarif mencontohkan, di wilayah Surakarta terdapat banyak lembaga perguruan tinggi yang cukup berkompeten, seperti Universitas Sebelas Maret (UNS) dan beberapa universitas yang lain. Pasalnya, jelas Syarief, selain menghemat biaya, jika dalam proses kerja sama tersebut muncul persoalan, konsultasi dan koordinasi dapat dilakukan dengan cepat.

“Hal itu berbeda jika BKD melakukan kerja sama dengan UI atau universitas lain yang lokasinya jauh,” lanjutnya.

Sementara itu, anggota Komisi I DPRD Sukoharjo, Sunarno menambahkan, untuk perekrutan CPNS tahun 2010 di Sukoharjo hanya mendapatkan 189 formasi, terdiri dari tenaga pendidikan 85 formasi, tenaga kesehatan 57 formasi dan tenaga teknis 147 formasi. “Untuk pelaksanaannya sendiri diperkirakan sekitar bulan Oktober,” ujarnya.

Sementara terkait dengan pendanaan, menurut Sunarno, dapat dimintakan dana melalui perubahan anggaran 2010. Namun jumlahnya berapa, Sunarno berharap tidak akan terlalu banyak dibanding tahun lalu. (mal)


Sumber: Harian Joglosemar Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar