jika politik adalah sesuatu yang abu-abu
yang menjadi senjata para penguasa
yang menjadi sindikat pengejar harta dunia
maka aku bukanlah itu
Namun jika politik adalah pembelaan & perjuangan
yang membangunkan keberanian retorika
dan lantang meneriakkan keadilan
maka aku adalah politikus itu

Jika demokrasi adalah belenggu penjajahan
diramaikan oleh tangan-tangan gila jabatan
disetir untuk mengubur kepribadian anak bangsa
maka itu bukan tempatnya
Namun jika demokrasi adalah sebuah peluru pembebas
yang pengusungnya adalah teladan sejati
dan ideologinya menembus keangkuhan parlemen
maka itu adalah kendaraannya..

Kamis, 07 Januari 2010

HNW: Rehabilitasi Nama Soekarno & Soeharto


INILAH.COM, Jakarta. Rehabilitasi nama baik tidak hanya diusulkan kepada mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Tapi juga mantan presiden lainnya, seperti Soekarno dan Soeharto.
Hal itu disampaikan mantan ketua MPR, Hidayat Nur Wahid di Gedung DPR, Senayan, Jakarta (4/1). "Sekarang ada momentum yang tepat untuk merehabilitasi nama baik tidak hanya pada Gus Dur, namun tokoh lain seperti Soekarno dan Soeharto," ujar pria yang kerap disapa HNW itu.

Rehabilitasi tersebut, menurut dia, diberikan bukan untuk membenarkan kesalahan para mantan presiden di masa lalu. Namun untuk menjadikannya sebagai pembelajaran di masa depan.

"Ingat, rehabilitasi tersebut bukan untuk membenarkan kesalahan beliau di masa lampau, namun untuk dijadikan pembelajaran serius untuk diatur ulang lebih baik ke depan," imbuh mantan Presiden PKS.

Hidayat mengharapkan agar impeachment yang diberikan pada para mantan presiden melalui TAP MPR lalu. Sebab nantinyaagar tidak menjadi catatan buruk para tokoh yang dinilai publik sebagai pahlawan.

"Kalau dulu MPR bisa beri impeachment, masa tidak bisa sekarang MPR beri rehabilitasi oleh tokoh yang dinilai publik sebagai pahlawan agar impeachment tersebut tidak menjadi catatan buruk," pungkas HNW. [jib]


Sumber: Inilah.Com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar