jika politik adalah sesuatu yang abu-abu
yang menjadi senjata para penguasa
yang menjadi sindikat pengejar harta dunia
maka aku bukanlah itu
Namun jika politik adalah pembelaan & perjuangan
yang membangunkan keberanian retorika
dan lantang meneriakkan keadilan
maka aku adalah politikus itu

Jika demokrasi adalah belenggu penjajahan
diramaikan oleh tangan-tangan gila jabatan
disetir untuk mengubur kepribadian anak bangsa
maka itu bukan tempatnya
Namun jika demokrasi adalah sebuah peluru pembebas
yang pengusungnya adalah teladan sejati
dan ideologinya menembus keangkuhan parlemen
maka itu adalah kendaraannya..

Rabu, 16 September 2009

4 Calon fraksi sudah siapkan pimpinan


SOLOPOS edisi Rabu, 09 September 2009, Hal.VI

Sukoharjo (Espos). Lima partai politik (Parpol) yang rencananya membentuk empat fraksi, saat ini sudah menyiapkan nama-nama yang bakal menduduki jabatan calon ketua fraksi hingga calon wakil ketua Dewan.

Sementara, dua Parpol yang belum menyiapkan nama calon pimpinan adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) serta Partai Golkar. Dua Parpol itu sampai sekarang masih dalam tahap membahas penentuan nama-nama calon pimpinan Dewan.
Anggota Dewan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hasman Budiadi, menjelaskan berdasarkan rapat internal partai, dirinya diajukan lagi sebagai calon ketua fraksi. ”Saya memang diajukan lagi sebagai calon ketua fraksi berdasarkan rapat internal di PKS. Selanjutnya, hasil rapat tersebut akan diajukan lagi ke pimpinan sementara Dewan. Kalau tidak hari ini (kemarin-red) ya besok,” jelasnya ketika dijumpai wartawan, Selasa (8/9).

Untuk fraksi, Hasman menjelaskan PKS akan membentuk satu fraksi sendiri. ”Hingga saat ini kami belum melakukan pembicaraan dengan Parpol lain. Jadi, kemungkinannya PKS akan membentuk fraksi sendiri, tanpa Parpol lain,” imbuh dia.

Anggota Dewan dari Partai Demokrat, Ardi Parastyo, menjelaskan pihaknya juga sudah menyiapkan satu calon ketua fraksi dan satu calon wakil ketua Dewan. ”Untuk jabatan ketua fraksi, berdasarkan hasil rapat partai telah ditentukan atas nama Eka Djunaedi. Sedangkan wakil ketua Dewan saya sendiri.”

Ditanya mengenai fraksi, Ardi yang juga menjabat Bendahara Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Sukoharjo, menerangkan partainya akan membentuk fraksi sendiri. ”Sebelum ini memang sudah ada partai lain yang mendekati kami untuk melakukan koalisi. Tapi, berdasarkan instruksi DPC, fraksi kami nanti akan berdiri sendiri,” tandas Ardi.

PKB Gandeng PPP

Wakil rakyat dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Agus Ismail, menjelaskan pihaknya akan menggandeng Partai Persatuan Pembangunan (P3) untuk koalisasi. Posisi ketua fraksi, imbuh dia, diambilkan dari PKB berdasarkan pertimbangan jumlah anggota yang lebih banyak. ”Kalau dari internal PKB, yang ditunjuk sebagai calon ketua fraksi kebetulan saya sendiri dan Sunardi. Tidak tahu nanti siapa yang bakal dipilih. Sementara untuk sekretaris fraksi diambil dari PPP.”

Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN), Muh Amin, menerangkan berdasarkan hasil rapat internal telah diajukan dua calon pimpinan. ”Untuk calon ketua fraksi yang ditunjuk Sunoto, sementara calon wakil pimpinan Dewan yang ditunjuk Sri Joko,” jelasnya.

Empat Calon Fraksi

PAN
Calon ketua fraksi: Sunoto
Calon sekretaris fraksi: Suryadi
Calon wakil ketua Dewan: Sri Joko

PKS
Calon ketua fraksi: Hasman Budiadi

Demokrat
Calon ketua fraksi: Eka Djunaedi
Calon wakil ketua Dewan: Ardi Parastyo

PKB dan PPP
Calon ketua fraksi: Agus Ismail/Sunardi


Sumber: http://www.solopos.net/zindex_menu.asp?kodehalaman=h33&id=286840

Tidak ada komentar:

Posting Komentar